TUGAS Mata Kuliah Komputer
MAKALAH
Tentang
KOMPUTER
Disusun oleh :
Nama : APRIANTI KUSUMAWARDANI
NPM : 4213300004
Prodi : Manajemen Perpajakan
Dosen Pembimbing
Eko Budiraharjo,ST,M.Kom
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
PANCASAKTI TEGAL
2014
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Pernahkan Anda menggunakan komputer
?Komputer bukanlah alat elektronik yang asing bagi kehidupan kita.Komputer
sering kita temukan di kantor-kantor, di sekolah-sekolah bahkan setiap
rumah-rumah juga sering kita temukan.Untuk itulah komputer bukan alat elektronik
yang asing lagi.
Namun ada juga orang yang mengatakan
bahwa menggunakan komputer itu sangatlah sulit, tapi semua itu tidak seperti
yang mereka bayangkan.Untuk tidak menemukan kesulitan-kesulitan dalam
menggunakan komputer, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu mater-materi
dan cara-cara menggunakan komputer. Dengan demikian kita tidak akan menemukan
kesulitan-kesulitan lagi. Pada zaman modern ini komputer merupakan alat
elektronik yang penting bagi kita, terutama di kantor dan di sekolah.
1.1
Tentang Microsoft Word
Microsoft Word merupakan salah satu
software yang bekerja di bawah Windows yang sudah terbukti handal untuk
mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pengolahan kata.Word sangat
menyenangkan untuk mengerjakan bentuk-bentuk pengetikan multi kompleks seperti
daftar isi, indek, label, formulir, grafik, dan sebagainya.Microsoft Word
sangat disukai oleh banyak pengguna computer, karena sudah terbukti sangat
mudah untuk dipelajari dengan banyak fasilitas dan kemampuan yang dimiliki.
Microsoft Word memungkinkan anda
membuat dokumen muali dari tipe surat-surat biasa hingga tipe baku dengan
pilihan yang variatif berstandard internasional. Dan apabila perlu dalam
Microsoft Word terdapat panduan Wizard yang memberikan urutan perintah dengan
tanpa proses penghafalan yang berlebihan. Serta terdapat Template yang
menyediakan berbagai bentuk surat, fax serta style-style dokumen yang menarik
dan bermanfaat bagi anda.
Komputer adalah :
ü Alat elektronik
ü Dapat menerima input data
ü Dapat mengolah data
ü Dapat memberikan informasi
ü Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
ü Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
ü Bekerja secara otomatis
Sedang yang disebut progam adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya computer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang telah pasti.
1.2 Sistem Komputer
ü Alat elektronik
ü Dapat menerima input data
ü Dapat mengolah data
ü Dapat memberikan informasi
ü Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
ü Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
ü Bekerja secara otomatis
Sedang yang disebut progam adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya computer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang telah pasti.
1.2 Sistem Komputer
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka
harus berbentuk sistem komputer.Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen
yang saling berhubungan membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu
tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk dapat menghasilkan informasi elemen-elemen yang mendukung tujuan pokok tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk dapat menghasilkan informasi elemen-elemen yang mendukung tujuan pokok tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melaksanakan pengolahan data.
Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Brainware (manusia / pemakai) adalah yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
1.3 Pengertian PDE / Electronic Data Processing (EDP)
Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Brainware (manusia / pemakai) adalah yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
1.3 Pengertian PDE / Electronic Data Processing (EDP)
Adalah pengolahan data menggunakan komputer.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Atau dengan kata lain adalah fakta yang terungkap. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol.Data mentah masih belum dapat digunakan, sehingga harus diolah lebih lanjut.
Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Atau dengan kata lain adalah fakta yang terungkap. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol.Data mentah masih belum dapat digunakan, sehingga harus diolah lebih lanjut.
Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang
memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
1.4 Siklus Pengolahan Data
Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
1.4 Siklus Pengolahan Data
Suatu proses pengolahan data terdiri atas 3 tahap dasar,
yaitu Input, Processing dan Output, dapat digambarkan sebagai berikut :
Input adalah tahapan yang merupakan
proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input.
Processing. Tahap ini merupakan proses
pengolahan dari data yang sudah dimasukkan, yang akan dilakukan oleh alat
pemroses (dapat berupa proses menghitung, mengendalikan, mengurutkan, dan
lain-lain)
Output. Tahap ini merupakan proses
menghasilkan output (keluaran) dari hasil pengolahan data kea lat output, yaitu
berupa informasi.
1.5 Ilmu Komputer
1.5 Ilmu Komputer
Disiplin ilmu komputer sudah muncul sejak era tahun 1940,
seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta
ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah
Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan
algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam
sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada
Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
Penemu algoritma senndiri yang tercatat dalam sejarah awal
adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi.Al
Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Usbekistan yang hidup di masa
tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan
Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini.Sedangkan komputer
analog diciptakan oleh Vannever Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan
komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun
1930.
Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya
fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut
“von Neumann machine” , di mana program disimpan di memori. Arsitektur inilah
yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi ilmu
komputer.Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak
dibangun.Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer
(Computer Science). Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing
(Computing) atau Informatika (Informatics).
1.6 Tokoh-Tokoh Ilmu Komputer
Ø Adam Osborne
Ø Augusta Ada Lovelace
Ø Alan Mattison Turing
Ø Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi
Ø William Henry Gates III (Bill Gates)
Ø Bjarne Stroustrup
Ø Bob Metcalfe
Ø David Packard
Ø Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson
Ø Donald Knuth
Ø Edsgar Wybe Dijkstra
1.7 Sejarah Perkembangan Komputer
1.6 Tokoh-Tokoh Ilmu Komputer
Ø Adam Osborne
Ø Augusta Ada Lovelace
Ø Alan Mattison Turing
Ø Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi
Ø William Henry Gates III (Bill Gates)
Ø Bjarne Stroustrup
Ø Bob Metcalfe
Ø David Packard
Ø Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson
Ø Donald Knuth
Ø Edsgar Wybe Dijkstra
1.7 Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah modern komputer dimulai tahun 1928, ketika Jerman
membuat mesin pembuat kode rahasia yang disebut dengan ENIGMA.
■Tahun 1930 Bell Laboratories (Amerika Serikat) membuat
mesin elektromekanik yang disebut Model I.
■Tahun 1940 Inggris membuat mesin COLOSSUS, mesin yang
dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Alan Turing, ini mampu menerjemahkan
kode yang dibuat dengan mesin ENIGMA, tapi mesin-mesin ini hanya bisa
mengerjakan satu tugas saja.
■Tahun 1946 dikembangkan mesin yang dapat mengerjakan lebih
dari satu tugas, yang dinamakan ENIAC dan mulai disebut sebagai komputer
pertama.
■Tahun 1949 Alan Turing mengembangkan mesin yang disebut EDSAC,
mesin ini mempunyai tabung memori, tampilan osiloskop dan kumpulan sub-rutin.
■Tahun 1954 UNIVAC I, dikembangkan di Harvard dan mulai
dipakai oleh Departemen Pertahanan AS. Dan pada tahun yang sama IBM mulai
memproduksi secara missal Komputer IBM 650.
■Tahun 1965 berhasil dijual komputer Control Data 6600
seharga $20.000 (kurang lebih 80 juta, kurs tahun 1993).
■Tahun 1968 muncul komputer komersial pertama yang
menggunakan IC (Intergarated Circuit atau rangkaian terpadu).Komputer ini
dinamakan Burroughs B2500 dan B3500.
■Tahun 1975, Altair 8800 merupakan komputer mikro pertama
yang dijual umum, komputer ini menggunakan processor 8088, kemudian juga
digunakan pada IBM PC, mempunyai RAM atau memori sebesar 256 byte dan di
dalamnya sudah terpasang bahasa pemrograman BASIC.
■Tahun 1976 lahirlah Cray I yang disebut sebagai
supercomputer, karena merupakan komputer yang paling canggih.
■Tahun 1977 lahirlah juga komputer prigbadi atau PC
(personal komputer).Yaitu Aplle II Commodore PET dan Tandy TRS-80.
■Tahun 1982 Compac mulai mengenalkan komputer portabel yang
sudah dibawa ke mana-mana.
1.8 Perkembangan Software
1.8 Perkembangan Software
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data
menjadi informasi.Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan
memecahkan berbagai masalah.yang menjadi pemroses data atau pemecah masalh itu
adalah perangkat lunak.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika.Dan operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika.Dan operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak pun dari
machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi,
disusun hirarki informasi, mulai dari data/fakta, kemudian setelah proses
seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi
yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi
knowledge yang digabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang diproses pun telah banyak berubah, yang semula
hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara,
gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan
format data digital dengan satuan bit (binary digit).
1.9
Perkembangan Hardware
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat
dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer.Dapat dilihat bahwa
untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik
manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer.Kasir di suatu pertokoan
besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa computer yang
didesain khusus untuk keperluan itu.
Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan
melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam
bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer
multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang
maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhannya.
Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia saat ini sudah
menggunakan peralatan komputer.
BAB II
PENGGOLONGAN KOMPUTER
PENGGOLONGAN KOMPUTER
2.1
Jenis-Jenis Komputer
Beberapa tahun yang lalu penggolongan komputer berdasarkan
besarnya RAM yang ada pada tiap komputer, tapi pada saat sekarang penggolongan
jenis-jenis komputer lebih tepatnya berdasarkan jenis prosesor yang ada di tiap
komputer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan
prosesornya.
2.2 Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
2.2 Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Komputer dapat digolongkan dalam tiga bagian, yaitu :
1. Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
2. Minikomputer sebenarnya adalah bentuk mini komputer mainframe, tapi komputer ini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tapi tidak begitu kecil.
3. Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah computer yang ditujukan untuk satu pemakaian program aplikasi pada suatu saat, oleh karena itu perangkatnya dapat diringkas dalam satu mesin saja.
Tabel Penggolongan Komputer
Dasar Penggolongan Jenis Komputer
Generasi I, II, III, IV
Prosesor Mainframe, minicomputer, IBM Compatible atau PC Marcintosh
Bentuk dan Ukuran fisik Tower, Desktop, Portable, Notebook, Handbook atau sub notebook, Palmtop atau handheid
System Operasi Unix, Netware, DOS, OS/2, Windows NT, System 7
Docking sistem adalah komputer desktop tetapi tidak memiliki CPU. Sedangkan yang berfungsi sebagai CPU nya adalah komputer notebook atau laptop.
1. Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
2. Minikomputer sebenarnya adalah bentuk mini komputer mainframe, tapi komputer ini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tapi tidak begitu kecil.
3. Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah computer yang ditujukan untuk satu pemakaian program aplikasi pada suatu saat, oleh karena itu perangkatnya dapat diringkas dalam satu mesin saja.
Tabel Penggolongan Komputer
Dasar Penggolongan Jenis Komputer
Generasi I, II, III, IV
Prosesor Mainframe, minicomputer, IBM Compatible atau PC Marcintosh
Bentuk dan Ukuran fisik Tower, Desktop, Portable, Notebook, Handbook atau sub notebook, Palmtop atau handheid
System Operasi Unix, Netware, DOS, OS/2, Windows NT, System 7
Docking sistem adalah komputer desktop tetapi tidak memiliki CPU. Sedangkan yang berfungsi sebagai CPU nya adalah komputer notebook atau laptop.
BAB III
BAGIAN-BAGIAN UNIT KOMPUTER
BAGIAN-BAGIAN UNIT KOMPUTER
CPU (Central Processing Unit) adalah suatu unit fungsional
yang sangat penting di dalam suatu instalasi Komputer.Tugas utama CPU adslsh
mengontrol dan membimbing keseluruhan sistem komputer selama pengolahan. Untuk
melaksanakan tugas-tugas tersebut di atas, maka di dalam CPU, di samping
terdapat memory / storage unit yang menampung data dan instruksi yang akan
diolah, juga terdapat dua buah komponen besar, yaitu :
ü Control Section Unit
ü Arithmetic dan Logical unit
ü Control Section Unit
ü Arithmetic dan Logical unit
3.1.1
Control Section Unit
Suatu bagian atau unit dari CPU yang bertugas untuk
membimbing dan mengkoordinir peralatan-peralatan sistem komputer yang digunakan
selama pengolahan data berlangsung dan mengawasi jalannya pengolahan adalah
Control Section / unit.
3.1.2 Arithmetic Logical Section / unit (ALU)
3.1.2 Arithmetic Logical Section / unit (ALU)
ALU adalah yang melaksanakan pengolahan data secara fisik,
termasuk penjumlahan, pengurangan, pembagian juga logical operasi, seperti
manyatukan data, menurutkan data, memilih data dan lain-lain.
3.2
Main Storage / Memori
Fungsi utama dari mainstorage/memori adalah menyediakan
tempat bagi data dan instruksi.Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu
berupa RAM (Random Acces Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal
memory yaitu berbagai macam disk seperti harddisk, floppy disk dan optical disk.
RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan data
disimpanan, yang disebut dengan parity check. Bila data hilang atau rusak dapat
diketahui dari sebuah bit tambahan yang disebut dengan parity bit. ROM adalah
memori yang hanya dapat dibaca saja, pemakai tidak dapat mengisi sesuatu ke
dalam ROM. Isi ROM telah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa system operasi
yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer.
Perintah-perintah yang ada pada ROM sebagian akan
dipindahkan pada RAM. RAM (Random Acces Memori) adalah memori komputer yang
dapat diisi dengan program data selama ada aliran listrik, bila aliran listrik
mati isi RAM akan terhapus semuanya. Pada waktu program komputer dijalankan,
sebagian program yang telah kita masukkan atau kita ketik akan diletakkan di
RAM.
3.3 PROSESOR DAN MOTHERBOARD
3.3 PROSESOR DAN MOTHERBOARD
Komputer mempunyai tiga bagian yang utama, yaitu monitor,
CPU dan keyboard CPU kotak komputer yang di dalamnya terdapay motherboard,
power supply, harddisk dan floppy disk drive, sedang CPU atau prosesor
merupakan inti system komputer. Di dalam unit sistem terdapat papan rangkaian
elektronik yang disebut motherboard.Di dalam motherboard terdapat berbagai
komponen yang diperlukan komputer, termasuk tempat untuk memasang berbagai perangkat
tambahan. Di dalam motherboard tedapat :
§ Prosesor utama
§ ROM
§ RAM
§ Cache memori
§ Port atau tempat untuk menghubungkan dengan perangkat standar seperti keyboard, mouse, disk drive, harddisk dan monitor.
3.4 Prosesor
§ Prosesor utama
§ ROM
§ RAM
§ Cache memori
§ Port atau tempat untuk menghubungkan dengan perangkat standar seperti keyboard, mouse, disk drive, harddisk dan monitor.
3.4 Prosesor
Prosesor adalah alat satu bagian computer yang paling
penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer.Baik tidaknya
suatu komputer, jenis komputer, harga komputer ditentukan terutama oleh jenis
prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, kemampuannya akan semakin baik,
dan biasanya harganya akan semakin mahal.
Sebenarnya prosesor adalah CPU, terdapat enam komponen utama, yaitu :
ü ALU bertugas menambah dan mengurangi angka
ü Register, adalah bagian memori yang sementara menampung hasil hitungan
ü Clock bertugas menyesuaikan kecepatan CPU dengan perangkat di sekitarnya agar sinkron.
ü Program counter menghitung dan mengingati alamat (lokasi) instruksi yang sedang digunakan.
üAddres decoder menghitung data yang sedang diproses ALU
ü Instruktion decoder menterjamahkan instruksi yang harus dijalankan oleh CPU
Prosesor/CPU (Central Processing Unit) merupakan otaknya komputer.Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada prosesor 8 bit, itu berarti prosesor tersebut memilki 8 data bus.
Ada beberapa produsen prosesor untuk PC, seperti intel, AMD, Cyrix dan Winchip IDT. Kita gunakan standar prosesor keluaran Intel Corp sebagai berikut :
ü Prosesor 8 bit :8088 (Generasi XT = Extended Technology)
ü Prosesor 16 bit :8086, 80186, 80286 (Generasi AT= Advanced
Technology)
ü Prosesor 32 bit :386 SX, 386 DX, 486 SX, 486 DX, Pentium, Pentium Pro,
Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4
3.5 I/O Ports
Sebenarnya prosesor adalah CPU, terdapat enam komponen utama, yaitu :
ü ALU bertugas menambah dan mengurangi angka
ü Register, adalah bagian memori yang sementara menampung hasil hitungan
ü Clock bertugas menyesuaikan kecepatan CPU dengan perangkat di sekitarnya agar sinkron.
ü Program counter menghitung dan mengingati alamat (lokasi) instruksi yang sedang digunakan.
üAddres decoder menghitung data yang sedang diproses ALU
ü Instruktion decoder menterjamahkan instruksi yang harus dijalankan oleh CPU
Prosesor/CPU (Central Processing Unit) merupakan otaknya komputer.Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada prosesor 8 bit, itu berarti prosesor tersebut memilki 8 data bus.
Ada beberapa produsen prosesor untuk PC, seperti intel, AMD, Cyrix dan Winchip IDT. Kita gunakan standar prosesor keluaran Intel Corp sebagai berikut :
ü Prosesor 8 bit :8088 (Generasi XT = Extended Technology)
ü Prosesor 16 bit :8086, 80186, 80286 (Generasi AT= Advanced
Technology)
ü Prosesor 32 bit :386 SX, 386 DX, 486 SX, 486 DX, Pentium, Pentium Pro,
Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4
3.5 I/O Ports
I/O adalah input/output. Bagian ini digunakan untuk menerima
ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output
terhubung melalui port ini.
3.6 Data Bus
3.6 Data Bus
Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul
dalam sistem komputer.Biasanya terdiri dari 8, 16, 32, atau 64 jalur data yang
parallel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat
membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat
ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara
keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory
atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
3.8 Addres Bus
3.8 Addres Bus
Addres Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat
memory yang akan ditulis atau dibaca. Addres Bus biasanya terdiri atas 16, 20,
24 atau 32 jalur parallel. Lebar Addres Bus menentukan kapasitas memory
maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Addres Bus 20 bit maka CPU
dapat mengalamatkan 1048576 alamat (1 MB).
3.9 Control Bus
3.9 Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta
akses ke Data Bus dan Addres Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur
parallel.CPU akan mengirimkan sinyal pada Control Bus ini bila akan meng-enable
sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O Port.
BAB
IV
PENUTUP
PENUTUP
Demikianlah makalah ini dapat diselesikan.Kepada semua pihak
yang telah membantu penyusunan makalah ini penulis ucapkan terima kasih.Dan
diharapkan dapat dipahami oleh para pembaca, sehingga pembaca tersebut dapat
menambah wawasan dan pengetahuannya.
Penulis ucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karenanya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
Penulis ucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karenanya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
4.1
Kesimpulan
Setelah disusunnya makalah ini dapat disimpulkan bahwa
komputer bukanlah alat elektronik yang sulit digunakan dan asing bagi
kita.Untuk memudahkan dalam penggunaan komputer, hendaklah kita pelajari
terlebih dahulu materi-materi dan cara-caranya. Dengan nitu tidak akan timbul
kesulitan-kesulitan dalam mempelajari.
4.2 Saran
4.2 Saran
Untuk penyempurnaan suatu makalah, sebaiknya diberikan suatu
kritikan yang gunanya untuk membangun dan penyempurnaan suatu makalah
tersebut.Selain saran yang dapat membangun adalah makalah tersebut sebaiknya
dibuat berdasarkan materi-materi yang ada dan berkualitas sempurna, sehingga
pembaca tidak melakukan kesalahan setelah membacanya.
Komentar
Posting Komentar